Shutter Count Kamera dan Cara Cek Shutter Count

Shutter Count Kamera - Shutter count kamera adalah jumlah total tombol shutter pada kamera yang telah di tekan. Secara sederhana, pengertian shutter count kamera yaitu jumlah total gambar yang telah diambil dengan menggunakan kamera.

Shutter count kamera dslr sangat penting untuk ketahui dan dipahami, terutama bagi mereka yang baru dan masih 'belajar fotografi pemula' seperti saya di mana seringkali bereksperimen dengan kamera. cara cek shutter count

Ketika pertama kali belajar fotografi, secara sadar atau tidak kita pasti sering memotret (bahkan mungkin setiap hari). Namun secara pribadi saya akui bahwa banyak sekali hasil gambar yang diperoleh tidak sesuai dengan keinginan saya.

Dan pada akhirnya foto-foto tersebut dihapus, tanpa kita sadari kebiasaan tersebut secara langsung berpengaruh terhadap kamera milik kita, terutama shutter count kamera ini. cara cek shutter count
Ada beberapa keuntungan ketika kita mengetahui jumlah total shutter count kamera. Berikut keuntungan dari mengetahui jumlah shutter count kamera. cara cek shutter count, shutter count habis
  • Kita dapat memprediksikan sampai kapan kamera milik kita dapat berfungsi dengan baik. Shutter count kamera sama halnya dengan speedometer yang terdapat pada kendaran mobil dan sepeda motor, yang menunjukkan seberapa jauh kendaraan tersebut telah berjalan.

    Mekanisme kerja kamera sama dengan barang lainnya yang memiliki keterbatasan usia dan jumlah maksimum pemakaian. Ketika shutter count kamera telah mencapai jumlah tertentu maka probabilitas (kemungkinan) terjadi gangguan terhadap mekanisme kerja pada kamera (rusak).
  • Mengurangi beban kerja pada kamera dslr. Ketika kita menekan tombol shutter kamera, beberapa fungsi mekanis yang ada di dalam kamera juga ikut bekerja dalam memproses sampai menampilkan hasil.

    Fungsi mekanisme tersebut saling bekerja satu sama lainnya dalam suatu sistem yang rumit dan tentunya memiliki batasan usia pakai. Pada umumnya standar jumlah shutter count kamera dslr yang baik adalah mampu mencapai sekitar 100 ribu shutter count.

    Idealnya sebuah kamera dslr dapat menghasilkan sekitar 100 ribu foto tanpa mengalami kerusakan mekanis. Beberapa kamera di atas entry-level bahkan mengkalim dapat mencapai jumlah 200 ribu shutter count tanpa mengalami kerusakan mekanis.
     cara cek shutter count
  • Menjadi pertimbangan ketika membeli kamera bekas. Membeli kamera bekas merupakan salah satu hal yang memiliki resiko besar, meskipun harganya seringkali murah meriah. Namun tidak semua kamera bekas tidak selamanya buruk dan beresiko kerusakan.

    Dengan mengetahui shutter count kamera ini, paling tidak kita telah mengambil langkah awal yang sangat penting untuk meminimalkan kerugian yang mungkin terjadi. Dengan begitu kita dapat lebih teliti dalam menawar harga kamera bekas. Hal ini sebenarnya berlaku untuk berbagai barang lainnya selain kamera.

  • Menjadi pertimbangan ketika meminjamkan kamera pribadi kepada orang lain. Sebenarnya ini lebih mengarah ke urusan pribadi masing-masing. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada kamera miliki kita (khususnya shutter count kamera) ketika kita meminjamkannya pada orang lain.

Bagaimana Cara Cek Shutter Count Pada Kamera?

Sebagai pemula dalam dunia fotografi, bagaimana cara cek shutter count kamera kita? Untuk dapat mengetahui shutter count kamera ada beberapa cara, di antaranya adalah sebagai berikut.
shutter count habis, carak cek shutter count
Potretlah satu foto dengan menggunakan kamera (tanpa editing), saya sarankan untuk memakai settingan kualitas gambar kecil (small) agar tidak berat.
shutter count habis
Cara pertama, dengan mengunakan Jeffrey's Exif Viewershutter count habis

  1. Buka situs Jeffrey's Exiff Viewer.
  2. Klik tombol Choose file, lalu pilih foto yang sudah kita siapkan sebelumnya.
  3. Klik tombol View image from file.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai.
  5. Setelah proses selesai, akan muncul banyak sekali informasi data Exif dari foto.
  6. Selanjutnya buka search box pada browser dengan cara menekan tombol Ctrl + F pada keyboard.
  7. Lalu ketikkan shutter count dan tekan enter.
  8. Maka akan tampil angka shutter count, misalnya 39,056.

Note: Baca kembali tentang data exif foto

Angka yang didapatkan (contoh di atas 39,056) adalah angka yang menunjukkan bahwa tombol shutter kamera telah ditekan sebanyak 39,056 kali saat menghasilkan foto tersebut

Cara kedua, dengan menggunakan camerashuttercount (lebih mudah menurut saya).

  1. Buka situ camerashuttercount.
  2. Klik tombol Choose file, lalu pilih foto yang sudah disiapkan sebelumnya.
  3. Klik tombol Upload.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai.
  5. Maka akan muncul informasi jumlah shutter count kamera seperti contoh gambar di bawah ini.

Shutter Count Kamera dan Cara Cek Shutter Count


Cara ketiga, dengan menggunakan aplikasi.
  • Download dan install EOS Info. Program ini sangat akurat untuk mengetahui jumlah shutter count kamera SLR Canon (EOS), hanya bekerja di Windows.
  • Jika menggunakan Mac, anda dapat menggunakan iExifer (seharga Rp. 30 ribu) melalui Mac App Store.